Instrument Development (From The Commonwealth of Learning)


Semua instrumen (tes, kuisioner, dan survey) harus dikembangkan sesuai dengan strategi evaluasi, perencanaan evaluasi dan memenuhi level validitas. Hal yang terpenting dari instrumen adalah tingkat validitas, minimal memuni validitas konten. Terdapat 6 kegiatan yang termasuk dalam perencanaan penilaian (prosedur pengembangan instrumen) :


1) Memilih jenis penilaian
Langkah pertama : 
tentukan apa yang akan diukur melalui tujuan yang telah dirumuskan dalam langkah analisis tujuan.
Langkah kedua : 
tentukan bentuk penilaian, apakah PAP (Penilaian Acuan Patokan) ataukah PAN (Penilaian Acuan Norma). 
Langkah ketiga : 
tentukan apakah yang digunakan penilaian kuantitaif atau kualitatif. Apabila kuantitatif maka teknik penilaian validitas dapat meliputi: 1) korelasi; 2) indeks kesulitan; 3) analisis butir, dan 4) tingkat signifikansi. Sedangkan apabila kualitatif, maka dapat digunakan: 1) analisis distraktor (pengecoh), dan 2) perhitungan frekwensi. 
Langkah keempat : 
tentukan kapan mengatur penilaian (sebelum atau sesudah)

2) Kembangkan instrumen penilaian
Berdasarkan pada jenis pertanyaan yang telah dirancang, beberapa bentuk instrumen berikut dapat dikembangkan :

  • Matching Question Checklist
  • Multiple-Choice Question Checklist
  • True/False Question Checklist
  • Completion (Short-Answer) Question Checklist
  • Simulation/Role Play/Performance Test Checklist
  • Essay Question Checklist

3) Perhitungkan panjang dari masing-masing instrumen
Langkah pertama : 
hitung jumlah pertanyaan. Pertanyaan-pertanyaan tersebut akan menunjukkan seberapa pengetahuan siswa.
Langkah kedua : 
hitung berapa lama responden membutuhkan waktu pengerjaan. Perhitungkan juga waktu untuk membaca petunjuk soal dan persiapan. 

4) Perthitungkan bobot masing-masing instrumen
Perhitungkan jumlah konten jawaban dari masing-masing soal, perhitungkan bobot soal disesuaikan dengan tujuan pembelajaran (objective). 

5) Pilih kapan instrumen perlu diatur
Apakah instrumen akan diberikan secara selingan? Pada awal? Ataukah pada akhir?


6) Pemilihan dokumen didalam langkah evaluasi
(Lihat di chapter 29) 












Untuk melihat buku nya bisa download di link :

0 comments:

Post a Comment